Profil Iker Casillas

Iker Casillas Fernández (pengucapan Spanyol: [kasiʎas ikeɾ feɾnandeθ]; lahir 20 Mei 1981) adalah kiper Spanyol pemenang Piala Dunia yang bermain untuk klub La Liga Spanyol Real Madrid dan berfungsi sebagai kapten bagi tim nasional Spanyol dan Real Madrid. Sebagai kapten tim nasional, ia memimpin tim Spanyol muda untuk Kejuaraan Eropa pertama mereka dalam 44 tahun, kehormatan internasional senior pertamanya. Pada tahun 2010, dia memimpin Spanyol untuk pertama mereka yang pernah Dunia FIFA Piala dan memenangkan Golden Glove untuk kiper terbaik turnamen.

Sejak meledak ke panggung sebagai seorang remaja, Casillas telah diakui sebagai salah satu kiper terbaik di Eropa, digambarkan oleh banyak penghargaan yang ia terima. Ia dinominasikan untuk pemain terbaik Eropa penghargaan Tahun dua kali, peringkat keempat secara keseluruhan pada tahun 2008 dan terus menjadi kiper peringkat tertinggi lagi pada tahun 2009. Pada akhir 2009 ia terpilih ke dalam Tim UEFA Tahun berturut-turut untuk kali ketiga. Pada Juli 2010 Casillas adalah salah satu dari kelompok yang sangat memilih pemain yang telah memenangkan semua klub besar dan gelar juara nasional. Pada tahun 2010, ia dianugerahi dengan Pangeran Olah Raga Asturias Award. Pada tanggal 19 Oktober 2010, Casillas menjadi kiper paling capped sepanjang masa dalam UEFA Champions League.

Casillas adalah produk sistem muda Real Madrid, dan mulai di skuad junior selama musim 1990-91. Dia pertama kali dipanggil ke tim pertama pada 27 November 1997 pada usia 16 untuk menghadapi Rosenborg di Liga Champions, tapi tidak sampai musim 1998-1999 bahwa ia memulai debutnya di sisi senior, menggantikan Bodo Illgner. Pada musim berikutnya, ia diserahkan Illgner ke bangku dan menjadi pilihan pertama. Pada tahun 2000, ia menjadi kiper termuda yang pernah bermain di final Liga Champions ketika dikalahkan Real Madrid 3-0 Valencia, hanya empat hari setelah ulang tahun kesembilan belas nya.

Casillas kehilangan tempatnya di tim untuk César Sánchez cadangan setelah penampilan buruk selama musim 2001-02, tapi menebus dirinya sendiri ketika Sanchez mengalami cedera di menit terakhir tahun 2002 pertandingan final Liga Champions. Casillas datang dan melepas beberapa brilian menyimpan membantah Bayer Leverkusen merajalela mahkota Liga Champions. Real Madrid menang 2-1 dan Casillas telah mempertahankan nomor 1 kemeja sejak saat itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s